Ayo Tes Mata! Kalau Bisa “Melihat Hal Tersembunyi” di 7 Gambar Ini, Tandanya Gak Ada yang Salah Sama Mata Kamu! #4 Selamat Kamu Itu Manusia Super!

Tiada hari tanpa gagdet. Bahkan, kebanyakan orang sekarang ini pasti tidak bisa jauh dari yang namanya gadget. Karena terlalu lama bermain gagdet, ada beberapa dampak buruk yang menghantui seperti mata kering, iritasi, penglihatan kabur, mata lelah, sampai terjadi sakit leher dan punggung.

Nah, karena gadget sendiri adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia, mengapa kamu tidak sekalian saja melakukan tes mata melalui gadget untuk mengetahui kondisi kesehatan mata? Kamu juga bisa mengirimkan tes ini kepada teman-teman.

1. Tes buta warna

Coba lihat gambar di bawah ini dan sebutkan angka yang terlihat!

Bagi orang yang buta terhadap warna merah, dia hanya bisa melihat angka 6. Bagi orang yang buta terhadap warna hijau hanya bisa melihat angka 2. Bagi mata orang normal bisa melihat kedua angka dengan jelas. Jika tidak bisa melihat angka manapun, segera periksa kondisi mata ke dokter dan lakukan tes lainnya.

Sedangkan pada gambar kedua ini,

Bagi orang yang buta terhadap warna merah-hijau hanya bisa melihat angka 5, tapi orang yang lemah terhadap semua warna dan yang bermata normal sama sekali tidak bisa melihat angka tersembunyi di dalamnya.

2. Tes mata minus (rabun jauh)

Orang yang tidak memiliki rabun jauh akan melihat sosok Einstein (orang tua berjanggut putih), sedangkan orang dengan mata minus akan melihat Marilyn Monroe (wanita seksi).

3. Tes mata minus

Kamu juga bisa perhatikan gambar bergaris-garis di bawah ini! Orang dengan mata minus bisa melihat sosok wanita memakai kacamata dan berambut pendek. Orang dengan mata normal hanya bisa melihat gambar garis-garis berwarna hitam, sedangkan orang yang memiliki kemampuan visual yang tinggi bisa melihat bayangan manusia! Menarik bukan?

4. Tes mata silindris

Jika kamu memakai kacamata, lepas dahulu kacamata sebelum melakukan tes ini. Lihat garis-garis ini, apakah semuanya memiliki ketebalan yang sama? Jika mata normal akan melihat semua garis secara jelas dan ukurannya sama, sedangkan pada mata silindris, hanya bisa melihat satu garis secara jelas dan sisanya kabur.

5. Tes mata tua

Tutup satu mata saat melakukan tes di bawah ini. Pada mata orang normal, huruf yang memiliki latar belakang merah dan hijau sama-sama hitam dan jelas. Jika kamu merasa huruf dengan latar belakang merah lebih jelas, berarti kamu mengalami mata minus. Jika huruf dengan latar belakang hijau lebih jelas, berarti kamu mengalami mata tua.

6. Tes kondisi mata

Lihatlah ketiga lingkaran pada gambar di atas ini! Apakah kamu bisa melihat sesuatu yang lain? Jika kamu bisa melihat sepasang kaki, maka kondisi matamu sangat bagus, sedangkan yang tidak bisa melihat sepasang kaki, segera jaga kondisi mata kamu dengan baik!

7. Tes kemampuan penglihatan pusat (kemampuan memandang lurus ke depan)

Posisikan gadget kamu dalam keadaan mendatar di depan mata, jaga  jarak antara mata dan gadget kira-kira 30 cm, lalu tutup sebelah mata, dan perhatikan titik hitam di tengah-tengah gambar.

Pada mata normal, gambar yang terlihat hanyalah gambar garis vertikal dan horizontal biasa, namun jika mata kamu melihat adanya celah atau garis membentuk sebuah kurva di sekitar titik pusat, hal ini menandakan kalau ada masalah pada mata kamu.

Misalkan seperti kondisi di bawah ini:

Jika kamu mengalami kondisi di atas, di mana kamu melihat celah atau kurva, segeralah periksa mata ke dokter untuk mendapat perawatan dan terhindar dari kebutaan.

Setelah melakukan beberapa tes ini, bagaimana kondisi mata kamu? Segera bagikan juga kepada teman-teman dan uji apakah mata mereka dalam kondisi sehat?

Sumber: Looker

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*